BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Dalam proses pendidikan, semua
stakeholder yang terkait dengan proses tersebut mempunyai peran dan tanggung
jawab sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Masing-masing peran tersebut harus
berjalan secara sinergis saling melengkapi sehingga membentuk suatu system yang
harmonis. Dari peran-peran yang ada, peran guru bimbingan dan konseling sangat
diperlukan sehingga kegiatan belajar dapat berlangsung dengan baik sesuai apa
yang diharapkan.
Sekolah dipahami sebagai lembaga
pendidikan formal, ditempat inilah kegiatan belajar mengajar berlangsung, ilmu
pengetahuan diajarkan dan dikembangkan kepada anak didik. Proses pendidikan
pada umumnya berlangsung di sekolah melalui kegiatan pembelajaran.
Penyelenggaraan pendidikan di SMP
bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa agar dapat melanjutkan ke
jenjang yang lebih tinggi serta sebagai bekal untuk mengembangkan diri sejalan
dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan tersebut mengacu
pada tujuan pendidikan nasional.
Dalam rangka mencapai
tujuan tersebut diatas perlu diadakan kegiatan belajar yang merupakan kegiatan
dalam pelaksanaan pendidikan. Proses pendidikan bukanlah suatu proses
perkembangan yang menekankan kepada aspek intelektual
No comments:
Post a Comment